Potensi Kerajinan Tikar Pandan Kabupaten Lamongan

Sambeng adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Lamongan, Provinsi Jawa Timur, Indonesia.

Desa ini terletak di sebelah selatan, sekitar 35 kilometer dari ibu kota Kabupaten Lamongan.

Geografi

Utara Kecamatan Sugio
Selatan Kecamatan Kabuh dan Kecamatan Kudu Kab. Jombang
Barat Kecamatan Ngimbang
Timur Kecamatan Mantup

Di bagian selatan desa, umumnya dikililingi hutan jati milik KPH Mojokerto. Penduduk sekitar banyak memanfaatkan lahan dengan kerjasama dengan Perum Perhutani dengan sistem bagi hasil. Di desa-desa sebelah selatan umumnya masyarakatnya lebih dinamis.

Sejumlah masyarakat dari desa ini menjadi Tenaga Kerja Indonesia, dengan destinasi kerja utama Taiwan, Korea Selatan, dan Malaysia.

Akses jalan raya pada kecamatan ini kurang cukup memadai, terutama di daerah selatan yang potensial hasil pertanianya. Akses jalan antar desa masih banyak yang berbatu.

Luas wilayah Kecamatan Sambeng adalah 144,57 km². Kecamatan ini termasuk beriklim tropis, dengan rata-rata curah hujan + 410 mm per tahun.

Adapun pemanfaatan tanah sebagai berikut:

Pemanfaatan Luas
Sawah 3.408,84
Tegal 1.649,14
Pekarangan 523,05
Hutan Negara 8.398,13
Lainnya/Tanah Kering 477,39
Jumlah 14.456,55

Desa ini berpenduduk 49.095 jiwa terdiri dari laki-laki 24.387 jiwa dan Perempuan 24.708 jiwa dengan rata-rata kepadatan penduduk 807 jiwa per Km2 dari

Potensi

Kerajinan Rakyat Anyaman Tikar Pandan

Potensi Kerajinan Rakyat Anyaman Tikar Pandan diproduksi dari Desa Barurejo, Gempolmanis, Candisari, dan Pamotan dengan pemasaran diambil pedagang pengepul dari Kecamatan Mantup. Pembuatan gerabah, genteng, dan bata merah diproduksi dari Desa Jatipandak dengan pemasaran dijual langsung kepada konsumen yang terletak di wilayah Kecamatan Sambeng. Sementara, mamas diproduksi dari Desa Kreteranggon dengan pemasaran dijual ke Kabupaten Gresik.

Pembakaran Batu Gamping

Diproduksi dari Desa Ardirejo dengan jumlah 5 jubung menghasilkan produksi rata-rata/tahun 3.000 ton Diproduksi dari Desa Pasarlegi dengan jumlah 5 jubung menghasilkan produksi rata-rata/tahun 3.000 ton Diproduksi dari Desa Sumbersari dengan jumlah 3 jubung menghasilkan produksi rata-rata/tahun 1.800 ton Diproduksi dari Desa Pataan dengan jumlah 5 jubung menghasilkan produksi rata-rata/tahun 4.500 ton

Pertanian

Di kecamatan Sambeng jenis pertanian yang sanggat menonjol adalah tembakau terutama di daerah selatan. Umumnya petani menanamnya pada bulan Juli hingga Oktober, dan setelahnya dilanjutkan dengan menanam padi. Areal pertanian di daerah ini sanggat bergantung pada hujan (tadah hujan) karena tidak tersedianya sarana irigasi, mengingat daerah ini cenderung kering, tandus, dan berbukit-bukit.

Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Sambeng,_Lamongan

IMG-20141128-06557 Sukodadi-20141128-06565

Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s